sakitnya tuh ...disini >>>>>>>....

dari Senin, September 01, 2014 0 komentar
sumber : indopos.co.id
Siang itu saat pulang sekolah icha diam seribu kata ..tidak seperti biasanya  icha yang periang berubah total. Mami icha bingung melihat kondisi icha..hmm ada apa ya dengan anak ini ? tanya mami dalam hati.

Mami : "Icha ...sayang ..kok diem aja dari tadi mami perhatikan ,kamu lagi ada masalah di sekolah nak?" tanya mami akhirnya karena penasaran melihat icha diam saja sepanjang perjalanan pulang sekolah.

Icha masih diem seribu kata, tidak mau cerita kepada maminya.

Mami : ' Icha , ayo dong cerita sama mami siapa tau mami bisa bantu untuk masalahmu."

Tidak tahan menyimpan masalah sendiri akhirnya icha cerita juga sama mami...sambil terisak icha cerita pelan-pelan dalam pelukan maminya......

Icha dan karin berteman baik sejak dari mereka tk , kemana saja icha pergi pasti disana ada karin.
Ke kantin ,,, ke perpustakaan , pergi les ..pergi sekolah dan pulang selalu bersama..mereka sudah seperti anak kembar yang tidak terpisahkan. Dimana ada karin disitu pasti ada icha.
Seminggu belakangan ini karin jarang bersama dengan icha , entah apa yang terjadi dengan mereka Hal ini juga yang ingin mami tanyakan saat tadi icha pulang sekolah ..karena sudah  seminggu lamanya karin tidak bereng pulang mereka...

Icha : “Mi... aku merasa bersalah sama karin mi...aku ada salah mi sama karin” ..

berulang kali kalimat itu keluar dari mulut icha ..apa yang salah ya ???
 mami jadi bingung dengan perkataan icha..

Mami : "Icha ..ayo cerita ke mami dari awal kenapa kamu merasa bersalah sama karin ??"

Masih terisak isak ...icha meneruskan ceritanya ..”waktu pelajaran matematika hari senin , karin lupa bawa buku PR nya miiii.....dia minta aku untuk membantunya mengerjakan PR di sekolah “,
“ waktu itu aku coba ajarin karin mi .. tapi karena waktu nya tidak cukup akhirnya karin minta kunci jawabannya dari pr aku mi...aku tidak kasih mi ,  karna aku gak mau karin menyontek dari aku ...”
 icha berhenti cerita ...dia malah menangis sedih...

Mami :  "loh ..kok kamu nangis..kalau kamu tidak memberi kunci jawaban ...itu kan hal yang benar nak ....kenapa kamu menangis...??
Icha : “saat bapak guru tiba ...., murid murid yang tidak mengerjakan pr di suruh berdiri di depan kelas dan mereka harus lari keliling lapangan sekolah  3x ...miii “
“Karin sangat marah sama aku mi...gara-gara itu  , terus sejak itu dia menganggap aku bukan temannya yang baik karena aku tidak membantunya , aku yang menyebabkan dia di hukum mi.........”
icha semakin keras menangis..karena dia merasa bersalah sekali.
“Aku sedih mi ....karin tidak mau lagi bermain dengan aku lagi.”
“Hati aku sedih sekali , sakit sekali mi .. karin sekarang menghindari aku”.

Hmm ... mami sekarang bisa mengerti kenapa icha sedih sekali seminggu ini...

Mami mengenal Karin dari cerita icha , karin memang sering datang ke rumah untuk belajar bersama dengan icha , kadang mereka mengerjakan Pr bersama ..beberapa kali icha cerita kalau Karin malas belajar saat ulangan Karin kadang menyontek di kelas.

Sebagai temannya Icha sudah sering menasehati karin agar jangan menyontek karena itu akan merugikan dia suatu saat. Walaupun berteman baik Icha tidak mau membantu karin menyontek karena itu sama saja dengan menjerumuskan karin dalam kebiasaan buruk yang akan merugikan. Icha mengasihi Karin ,  ia selalu berusaha mengajarkan Karin pelajaran yang tidak dia mengerti.
Seringkali icha mengajarkan karin dan juga menasehatinya agar stop menyontek.

Mami : “ icha sayang ...menurut mama kamu sudah melakukan hal yang benar di mata Tuhan ..dengan tidak memberikan contekan kepada Karin ..“kamu tidak perlu sedih jika karin menjauhi mu Itu hanya sesaat nak ... nanti suatu saat Karin pasti akan sadar kalau kamu adalah temannya yang baik.  Ingat melakukan hal yang baik itu belum tentu benar , tetapi melakukan yang benar sudah pasti baik. Kalau kamu memberikan contekan kepada karin mungkin itu terlihatnya baik sebagai teman tetapi itu adalah tindakan yang salah , itu akan membuat karin semakin terjerumus dan menjadi malas belajar dan tidak mau berusaha sendiri...
itu perbuatan yang tidak benar di mata Tuhan.
Teruskanlah untuk berbuat yang benar walaupun untuk saat ini kamu terima hal yang tidak enak dari sikap kamu itu. Tugasmu sekarang adalah berdoa agar Tuhan Yesus membuat karin bertobat dan sadar , mohon belas kasihan Tuhan untuk membawa karin ke jalan yang benar.
Mami percaya , niat baik kamu pasti Tuhan dengar , kamu tidak perlu merasa bersalah lagi ya..."

Icha perlahan sudah tenang kembali mendengar nasehat maminya ... dia sudah melakukan hal yang benar ..tidak memberikan contekan kepada teman baiknya sekalipun itu membuat pertemanannya putus sesaat.
Icha hanya bisa berdoa agar Tuhan menyadarkan Karin ...ya dia mau berdoa untuk Karin.

Sudah sebulan sejak peristiwa itu , karin tidak pernah menghubungi Icha ..walaupun beberapa kali icha pernah mengajaknya pulang bersama. Mungkin masih belum bisa memaafkan aku... pikir icha.

Ujian kenaikan kelas sudah semakin dekat , sebentar lagi Icha akan naik ke kelas 6 SD ...Icha harus rajin belajar ..gak boleh banyak main ..

Besok sudah senin ..ulangan di hari pertama sudah mulai....

Icha .. belajar rajin untuk menghadapi Ujian akhir tersebut....

Tidak terasa Ujiannya berlalu...saat penerimaan rapor sudah tiba..

“Rapor ku kira-kira peringkat berapa ya ...”  selama ini icha memang dikenal sebagai juara kelas di sekolahnya.

Kali ini hasil belajar di kelas 5 kira-kira memuaskan icha atau tidak ya...

Siang itu mami dan icha ke sekolahan untuk mengambil rapor..semua orangtua murid yang lain juga hadir di sekolah... mereka memang sengaja di undang untuk diberi pengarahan agar para orangtua lebih memperhatikan kegiatan belajar siswa kelas 5SD yang sebentar lagi naik kelas 6 SD dimana penentuan kelulusan.. jadi sudah tidak bisa banyak main lagi ...mereka harus sungguh-sungguh.

Satu persatu ..orangtua murid dipanggil ...saat giliran icha tiba juga...

Guru : Ibu ...selamat ya icha memperoleh nilai rapor yang memuaskan ,,, berdasarkan peringkat kelas...icha berada di peringkat pertama..selamat ya icha..terus pertahankan prestasimu.
Yeay...aku rangking satu lagi ...puji Tuhan...icha melompat kegirangan ..........
Mami : selamat ya sayang ...mami bangga sama kamu..selalu andalkan Tuhan Yesus dan pertahankan terus prestasimu
Mereka bersukacita sekali ...mami dan icha bergegas pulang karena ingin merayakan kenaikan kelas icha.
Diperjalanan pulang ...Icha tidak sengaja berpaspasan dengan Karin sahabatnya itu ..
Icha mencoba menyapa Karin ..dari jauh sudah dilihatnya sahabatnya itu ... karin mengapa muram ya ?? tanya icha penasaran
Icha : "Hai Karin ... apa kabar ? kamu sudah ambil rapor ?"
Karin : " hmm ..sudah ..aku baru saja ambil raporku...."
Icha : " ooo. Hmm kenapa wajah kamu sedih karin ?" tanya icha kepada Karin
Karin : " Icha ...aku aku..mau minta maaf sama kamu ,, aku selama ini salah kepada kamu ."
Icha : " kamu kenapa karin ? apa kamu sakit ? kenapa wajah kamu sedih ? ..
.icha mengulangi pertanyaan yang sama.
Karin : icha...aku minta maaf ya... selama ini aku salah ...ternyata kamu adalah teman aku yang paling baik , icha.
Icha : "aku sudah memaafkan kamu karin ...kalau boleh tau nilai rapor kamu bagaimana ?
Apakah hasilnya bagus ?"

Karin : "aku tidak naik kelas icha...sambil menangis karin memberikan rapornya kepada icha..
Icha memeluk sahabatnya itu ...icha bisa merasakan kesedihan sahabatnya...

Karin : "kamu benar icha...selama ini aku sering menyontek , aku malas belajar ..aku tidak dengar nasehat kamu ...sekarang aku terima hasilnya...aku menyesal icha.."

Icha : "Karin ... kamu jangan sedih ...aku akan membantu kamu dalam belajar nanti .."

Mami mendekati Icha dan Karin...
Mami : " karin sayang ...kamu  perlu bersyukur karena Tuhan Yesus begitu mengasihi kamu , Dia memberikan teguran nya kepada kamu saat ini itu masih  lebih baik daripada ketika nanti kamu kelas 6 malah tidak lulus itu akan jauh lebih menyedihkan..
"Yang penting sekarang kamu harus berubah, bertobat dan minta ampun kepada Tuhan.. tinggalkan kebiasaan menyontek ..itu tidak baik"
Itu merugikan, hal yang curang dan itu adalah dosa . Tuhan Yesus tidak suka itu.
"Mulai sekarang kalian belajar bersama lagi ya , nanti icha akan mengajari kamu ..tante percaya kamu nanti pasti bisa berhasil kalau kamu mau berusaha dan rajin belajar."

Karin : terimakasih tante , terimakasih ya Icha .. kamu memang sahabat aku yang paling baik, aku janji aku mau berubah dan mau belajar lebih giat lagi ....aku menyesal icha...

Nah adik-adik...jadilah sahabat yang baik...tetap lakukan hal yang benar dan berkenan di hadapan Tuhan....jika masih kalian punya dosa atau kesalahan cepat tinggalkan dan berbalik dari kebiasaan yang buruk ...minta ampun kepada Tuhan sebelum kamu di tegur oleh Tuhan.
Penyesalan itu selalu datang terlambat...sakitnya itu disini >>>>>ending.....kalau tidak bertobat.

Amsal 17 : 7  Seorang Sahabat menaruh kasih setiap waktu, 
dan menjadi seorang Saudara dalam kesukaran.





Sekolah Minggu GBI Sawangan

Pesan

Ayo kita ke sekolah minggu ,Ayo menangkan jiwa anak-anak bagi kemuliaan Tuhan Yesus Kristus.

0 komentar:

Posting Komentar